PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



Sebelum kita memanfaatkan blog sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari blog. Menurut Wikipedia istilah blog adalah singkatan dari weblog atau web log merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Mengarang blog, memelihara sebuah blog atau menambahkan artikel ke blog yang sudah ada disebut “blogging“. Masing-masing artikel pada sebuah blog disebut “tulisan blog”, “tulisan” atau “masukan”. Orang yang menulis atau memasukkan dan memelihara tulisan di blog disebut “blogger“. Sebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan link (ke halaman web dan video, audio dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi dengan gaya percakapan.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif. Banyak sekali platform blog tersedia untuk kita dan dapat kita manfaatkan secara gratis, diantaranya blogspot, wordpress, blogdetik, kompasiana dan lain sebagainya. Cara membuat blog pun tidak sulit, karena semua bisa kita lakukan dan pelajari dengan mudah.

Sedang media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu pendidik dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik guna mencapai tujuan pembelajaran. Segala sesuatu tersebut dapat berupa manusia (model), materi (buku teks), dan peristiwa (kejadian) yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Materi tidak hanya di dapat dari buku teks saja, kita dapat memanfaatkan media sosial sebagai sumber belajar kita. Salah satu media sosial yang dapat berbagi informasi adalah blog.
Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari blog diantaranya yaitu meningkatkan prestasi belajar, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan wawasan, mengatasi kekurangan tenaga pendidikan, serta meningkatkan efisiensi. Blog dapat diakses oleh siapa saja dan dari kalangan mana saja. Melalui blog kita dapat mencari informasi apa saja yang dibutuhkan sebagai sumber belajar. Sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan wawasan kita. Peran guru juga dapat digantikan dengan adanya blog. Tidak semua hal dapat dijelaskan oleh guru karena keterbatasan waktu, sehingga kita dapat mencari jawabannya di blog. Blog juga dapat kita manfaatkan untuk media publikasi karya-karya kita. Kita dapat memposting puisi, cerpen, opini, artikel dan lain sebagainya yang nantinya akan dinilai oleh orang lain salah satunya melalui kolom komentar. Dengan keberanian untuk mempublikasikan karya-karya sendiri, kita merasa bangga sehingga dapat meningkatkan rasa percaya pada diri.
Dalam kurikulum 2013 siswa dituntut untuk kreatif dan mandiri. Guru hanya sebagai fasilitator. Dengan adanya blog, siswa dapat secara mandiri mencari sumber-sumber untuk belajar. Semakin banyak membaca maka akan semakin bertambah wawasannya. Seorang guru juga dapat memanfaatkan blog untuk memposting bahan-bahan ajar yang nantinya diperlukan oleh siswa. Hal tersebut dapat berupa materi atau tugas. Sehingga siswa dituntut untuk mandiri mencari di blog dan secara tidak langsung mereka dikenalkan dengan media sosial.

Komentar

  1. Nice posting, kunbal yaa, click on http://www.matapelajaranski.com

    BalasHapus
  2. Dengan memanfaatkan blog memang pelajaran akan semakin menarik
    harapannya proses belajar mengajar dapat lebih efektif

    PSC Indonesia - Jasa Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Flash
    Telp. 0815 797 4549
    BB. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Konsultasi & Pembuatan Media Pembelajaran, Game Edukasi, Animasi, Kuis, Presentasi, Template & Source Code Flash
    PSC Indonesia
    WA. 0815 797 4549
    BBM. 7585807C
    www.pscindonesia.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer